Optimalkan Layanan Disabilitas, Lapas Purwokerto Ikuti Bimtek bagi Petugas

    Optimalkan Layanan Disabilitas, Lapas Purwokerto Ikuti Bimtek bagi Petugas
    Optimalkan Layanan Disabilitas, Lapas Purwokerto Ikuti Bimtek bagi Petugas

    PURWOKERTO ー Sebagai upaya meningkatkan kinerja Unit Layanan Disabilitas (ULD), Lapas Kelas IIA Purwokerto mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) secara virtual yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan terkait Penyelenggaraan Unit Layanan Disabilitas di UPT Pemasyarakatan, pada Rabu (23/10/2024).

    Bertempat di Aula Rupa Naraya, bimbingan teknis diikuti oleh Kepala Seksi Bimbingan Narapidana dan Anak Didik, Fauzen bersama 11 orang pegawai yang bertugas di bidang pelayanan dan tenaga kesehatan.

    Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan petugas dalam memberikan pelayanan yang optimal kepada penyandang disabilitas di lingkungan pemasyarakatan.

    Bimtek ini menghadirkan beberapa narasumber, di antaranya Cucu Saidah yang memaparkan materi "Paradigma Penyandang Disabilitas", yang berfokus pada perubahan perspektif dalam memperlakukan penyandang disabilitas secara lebih inklusif dan manusiawi.

    Selain itu, dr. Adhitya Sigit Ramadianto, SpKJ, menyampaikan paparan mengenai "Pengetahuan Dasar Terkait Penyandang Disabilitas Mental dan Intelektual", memberikan pemahaman tentang kebutuhan khusus bagi penyandang disabilitas.

    Selain itu, tim dari Pusat Studi Hak Asasi Manusia Universitas Islam Indonesia (PUSHAM UII) memberikan materi terkait "Etika Berinteraksi dan Tata Kelola Sumber Daya Manusia serta Sarana Prasarana", yang bertujuan untuk mengedukasi para petugas mengenai cara berinteraksi yang tepat dengan penyandang disabilitas serta bagaimana mengelola fasilitas yang sesuai untuk mendukung mereka.

    "Dengan mengikuti Bimtek ini, Lapas Purwokerto berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan kepada warga binaan, termasuk penyandang disabilitas, sesuai dengan standar pelayanan yang ditetapkan, " kata Kepala Seksi Binadik saat ditemui dalam kesempatan tersebut.

    (Humas Lapas Purwokerto)

    jawa tengah banyumas lapas purwokerto terkini berita utama banyumas terkini https://purwokerto.lapasnews.com/optimalkan-layanan-disabilitas-lapas-purwokerto-ikuti-bimtek-bagi-petugas-27940
    Narsono Son

    Narsono Son

    Artikel Sebelumnya

    WBP Lapas Purwokerto Manfaatkan Kertas Bekas...

    Artikel Berikutnya

    Lapas Purwokerto Tindaklanjuti Arahan Menteri...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Pengerjaan RTLH Program TMMD 122 Kodim 1805/Raja Ampat Masuki Tahap Akhir
    Panglima TNI Hadiri Retreat Kabinet Merah Putih di Magelang
    Hendri Kampai: Irigasi, Nadi Kehidupan dan Mimpi Sejahtera di Ladang Petani
    Jurnalis Bali I Made Richy, Kritik Pernyataan Pasek Suardika tentang Gubernur Bali 'Satu Jalur'
    Kapolri Isi Materi Pemberantasan Korupsi di Retreat Kabinet Merah Putih

    Ikuti Kami